NEWS UPDATE :  

Berita

Peserta Didik SMK Negeri 1 Jambu Bantu Masyarakat terdampak Banjir

Peserta Didik SMK Negeri 1 Jambu Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, diterjunkan membantu masyarakat korban banjir bandang dan tanah longsor, di sejumlah wilayah di Kecamatan Jambu, Bandungan, dan Ambarawa.

Aktivitas yang dilaksanakan di antaranya membersihkan jalan yang tertutup longsoran dan lumpur, membersihkan saluran air, membersihkan tempat ibadah, membersihkan lingkungan sekolah, dan lainnya.

Muhamad Ali Sadikin SPd, guru pembimbing mengatakan, Tim SMKN 1 Jambu juga diterjunkan membersihkan komplek Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Islam Bedono, Kecamatan Jambu yang terkena dampak banjir bandang.

''Kami memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk beraktivitas dan melaksanakan aksi sosial di lingkungan masing-masing. Hasil dari kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa empati, saling tolong menolong, kerja sama, dan toleransi,'' kata Ali Sadikin, Sabtu (3/4).

Menurutnya, kegiatan itu juga merupakan bagian dari pendidikan karakter. SMKN 1 Jambu memberikan ruang dan aktivitas kepada peserta didik untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi karakter sosial, dalam diri siswa. SMKN 1 Jambu juga memberikan pengalaman belajar melalui social challenge di masa pandemi Covid-19 ini.

Salah satu alasan melaksanakan kegiatan ini, di mana SMK harus mampu menciptakan ekosistem learning community yang lebih luas, dan berdampak langsung untuk menjawab persoalan masyarakat sekitarnya.

''Pendidikan tidak saja menyiapkan peserta didik untuk belajar tentang cara penghidupan, tetapi yang lebih penting adalah belajar tentang kehidupan itu sendiri,'' kata Ali yang juga koordinator Program Gerakan Sekolah Menyenangkan SMKN 1 Jambu.

 

Telah terbit di https://www.suaramerdeka.com/regional/semarang/259492-siswa-smkn-1-jambu-diterjunkan-bantu-warga-terdampak-banjir-bandang?page=all